DAFTAR ISI
Daftar Isi ........................................................................................................................................................................................................................................ 1
MOTTO ......................................................................................................................................................................................................................................... 2
STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR ...................................................................................................................................................... 3
SILABUS KELAS I SEMESTER 1 ........................................................................................................................................................................................ 18
SILABUS KELAS II SEMESTER 1 ......................................................................................................................................................................................... 20
SILABUS KELAS III SEMESTER 1 ........................................................................................................................................................................................ 24
SILABUS KELAS IV SEMESTER 1 ........................................................................................................................................................................................ 28
SILABUS KELAS V SEMESTER 1 ........................................................................................................................................................................................ 32
SILABUS KELAS VI SEMESTER 1 ......................................................................................................................................................................................... 36
SILABUS KELAS I SEMESTER 2 ........................................................................................................................................................................................ 38
SILABUS KELAS II SEMESTER 2.......................................................................................................................................................................................... 41
SILABUS KELAS III SEMESTER 2 ........................................................................................................................................................................................ 44
SILABUS KELAS IV SEMESTER 2 ........................................................................................................................................................................................ 47
SILABUS KELAS V SEMESTER 2 ........................................................................................................................................................................................ 50
SILABUS KELAS VI SEMESTER 2 ......................................................................................................................................................................................... 53
M O T T O
Ø “ Hasrat dan kemauan adalah tenaga yang terbesar di dunia ini, ia lebih berharga dari pada uang atau kekuasaan “ ( Willim Shakespeare ).
Ø “ Kesulitan adalah batu asahan kehidupan, setiap puncak karier dicapai dengan jalan mengatasi kesulitan-kesulitan “. ( Davey John Schwartz ).
STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR
Satuan Pendidikan : Sekolah Dasar (SD)
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Hindu
A. Latar Belakang
Agama memiliki peran yang amat penting dalam kehidupan umat manusia. Agama menjadi pemandu dalam upaya untuk mewujudkan suatu kehidupan yang bermakna, damai dan bermartabat. Menyadari bahwa peran agama amat penting bagi kehidupan umat manusia maka internalisasi agama dalam kehidupan setiap pribadi menjadi sebuah keniscayaan, yang ditempuh melalui pendidikan baik pendidikan di lingkungan keluarga, sekolah maupun masyarakat.
Pendidikan Agama dimaksudkan untuk membentuk peserta didik menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia serta peningkatan potensi spritual. Akhlak mulia mencakup etika, budi pekerti, dan moral sebagai perwujudan dari pendidikan Agama. Peningkatan potensi spritual mencakup pengenalan, pemahaman, dan penanaman nilai-nilai keagamaan, serta pengamalan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan individual ataupun kolektif kemasyarakatan. Peningkatan potensi spritual tersebut pada akhirnya bertujuan pada optimalisasi berbagai potensi yang dimiliki manusia yang aktualisasinya mencerminkan harkat dan martabatnya sebagai makhluk Tuhan.
Pendidikan Agama Hindu adalah usaha yang dilakukan secara terencana dan berkesinambungan dalam rangka mengembangkan kemampuan peserta didik untuk memperteguh keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, serta peningkatan potensi spiritual sesuai dengan ajaran agama Hindu.
Kurikulum Pendidikan Agama Hindu yang berbasis standar kompetensi dan kompetensi dasar mencerminkan kebutuhan keragaman kompetensi secara nasional. Standar ini diharapkan dapat dipergunakan sebagai kerangka acuan dalam mengembangkan Kurikulum Pendidikan Agama Hindu sesuai dengan kebutuhan daerah atau pun sekolah.
B. Tujuan
Mata pelajaran Pendidikan Agama Hindu bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.
1. Menumbuhkembangkan dan meningkatkan kualitas Sradha dan Bhakti melalui pemberian, pemupukan, penghayatan dan pengamalan ajaran agama
2. Membangun insan Hindu yang dapat mewujudkan nilai-nilai Moksartham Jagathita dalam kehidupannya
C. Ruang Lingkup
Ruang lingkup pendidikan Agama hindu meliputi aspek-aspek:
1. Sradha
2. Susila
3. Yadnya
4. Kitab Suci
5. Orang Suci
6. Hari-hari suci
7. Kepemimpinan
8. Alam Semesta
9. Budaya dan Sejarah Perkembangan Agama Hindu.
D. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
Kelas I, Semester 1
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
Sradha | |
1. Meyakini kemahakuasaan Sang Hyang Widhi (Tuhan) sebagai Maha Pencipta | 1.1 Menunjukkan contoh-contoh ciptaan Sang Hyang Widhi (Tuhan) 1.2 Menyayangi ciptaan Sang Hyang Widhi (Tuhan) |
Budaya 2. Mengenal Tari-Tari Keagamaan | 2.1 Menyebutkan jenis-jenis tari keagamaan Hindu 2.2 Menunjukkan contoh-contoh tari keagamaan Hindu |
Yadnya 3. Mengenal sikap-sikap sembahyang | 3.1 Menyebutkan jenis-jenis sikap sembahyang 3.2 Mempraktekkan sikap Tri Sandhya |
Kelas I, Semester 2
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
Susila | |
4. Mengenal ajaran Susila dalam kehidupan sehari-hari | 4.1 Mengenal arti Tri Kaya Parisudha4.2 Menyebutkan bagian-bagian Tri Kaya Parisudha 4.3 Menunjukkan contoh pelaksanaan Tri Kaya Parisudha dalam kehidupan sehari-hari 4.4 Melatih diri melaksanakan Tri Kaya Parisudha dalam kehidupan |
Orang Suci5. Mengenal orang suci agama Hindu | 5.1 Menyebutkan arti dan makna orang suci5.2 Menyebutkan contoh perilaku orang suci 5.3 Menunjukkan contoh-contoh orang suci |
Kelas II, Semester 1
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
Sradha | |
1. Meyakini manifestasi Sang Hyang Widhi (Tuhan) sebagai Tri Murti | 1.1 Menyebutkan arti dan fungsi Tri Murti1.2 Menyebutkan bagian-bagian Tri Murti 1.3 Menyebutkan sakti Tri Murti 1.4 Menunjukkan gambar dan atribut Tri Murti |
Susila2. Mengidentifikasikan Tri Mala | 2.1 Menyebutkan arti Tri Mala2.2 Menyebutkan bagian-bagian Tri Mala2.3 Menunjukkan contoh-contoh perilaku Tri Mala yang harus dihindari |
Yadnya3. Mengenal pelaksanaan sembahyang | 3.1 Menyebutkan urutan pelaksanaan Tri Sandhya 3.2 Menunjukkan contoh-contoh sikap Tri Sandhya 3.3 Melafalkan mantram Tri Sandhya 3.4 Melaksanakan Tri Sandhya |
Kelas II. Semester 2
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
Tempat Suci | |
4. Mengenal tempat suci | 4.1 Menyebutkan arti tempat suci4.2 Menunjukkan sebutan tempat suci bagi umat Hindu4.3 Menyebutkan syarat-syarat masuk tempat suci4.4 Melakukan kunjungan ke tempat suci |
Kitab Suci5. Mengenal Weda sebagai kitab suci | 5.1 Menyebutkan arti Weda 5.2 Mengenal bahasa yang dipakai dalam Weda 5.3 Mengenal Weda sebagai wahyu Sang Hyang Widhi (Tuhan)5.4 Menunjukkan contoh kitab suci |
Kelas III, Semester 1
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
Sradha | |
1. Meyakini manifestasi Sang Hyang Widhi (Tuhan) sebagai Tri Purusa | Menguraikan arti Tri Purusa1.2 Menyebutkan bagian-bagian Tri Purusa |
Kepemimpinan2. Mengenal pemimpin yang baik dan patut diteladani di wilayah masing-masing | 2.1 Menyebutkan arti pemimpin 2.2 Mengenal pemimpin-pemimpin di lingkungan terdekatnya 2.3 Menyebutkan ciri-ciri pemimpin yang baik 2.4 Meneladani sikap pemimpin yang baik |
Yadnya3. Mengenal sarana sembahyang | 3.1 Menyebutkan sarana-sarana persembahyangan3.2 Menyebutkan arti dan fungsi sarana persembahyangan 3.3 Menunjukkan contoh-contoh sarana persembahyangan 3.4 Melatih diri membuat sarana persembahyangan |
Hari Suci4. Mengenal hari-hari suci keagamaan | 4.1 Menguraikan arti hari suci keagamaan Hindu4.2 Menyebutkan nama-nama hari suci keagamaan Hindu4.3 Melaksanakan hari-hari suci keagamaan dalam kehidupan |
Kelas III, Semester 2
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
Susila5. Mengenal Catur Paramita dan Tri Parartha | 5.1 Menguraikan arti Catur Paramita dan Tri Parartha5.2 Menyebutkan bagian-bagian Catur Paramita dan Tri Parartha5.3 Menunjukkan contoh-contoh perilaku Catur Paramita dan Tri Parartha5.4 Melatih diri melaksanakan Catur Paramita dan Tri Parartha dalam kehidupan |
Tempat Suci6. Mengenal Tri Mandala | 6.1 Menyebutkan arti Tri Mandala6.2 Menyebutkan jenis-jenis bangunan pada tiap-tiap Mandala6.3 Membedakan tempat suci dengan tempat tinggal |
Orang Suci7. Mengenal tugas dan kewajiban orang suci | 7.1 Menyebutkan tugas dan kewajiban orang suci 7.2 Menyebutkan larangan-larangan bagi orang suci |
KelasIV, Semester 1
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
Sradha1. Mengenal ajaran Panca Sradha | 1.1 Menyebutkan arti Panca Sradha1.2 Menyebutkan bagian-bagian Panca Sradha 1.3 Menjelaskan masing-masing bagian Panca Sradha |
Alam Semesta2. Mengenal Bhuana Agung dan Bhuana Alit | 2.1 Menguraikan arti Bhuana Agung dan Bhuana Alit2.2 Menunjukkan contoh-contoh Bhuana Agung dan Bhuana Alit |
Budaya3. Mengenal lagu-lagu kerohanian (Yadnya) | 3.1 Menyebutkan arti lagu-lagu kerohanian (Yadnya)3.2 Menyebutkan jenis-jenis lagu-lagu kerohanian (Yadnya)3.3 Melafalkan jenis-jenis lagu-lagu kerohanian (Yadnya) |
Kelas IV, Semester 2
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
Hari Suci4. Mengenal dasar-dasar hari suci (wariga) | 4.1 Menyebutkan arti hari suci (wariga)4.2 Mengenal hari-hari/bulan baik 4.3 Mengenal hari raya suci keagamaan berdasarkan perhitungan hari-hari/bulan baik |
Susila5. Mengenal Panca Yama dan Panca Nyama Bratha sebagai ajaran susila | 5.1 Menguraikan arti Panca Yama dan Panca Nyama Bratha5.2 Menyebutkan bagian-bagian dan contoh Panca Yama dan Panca Nyama Bratha5.3 Menunjukkan contoh-contoh perilaku Panca Yama dan Panca Nyama Bratha 5.4. Menerapkan ajaran Panca Yama dan Nyama Bratha dalam kehidupan sehari-hari |
Kelas V, Semester 1
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
Sradha1. Mengenal Tri Sarira | 1.1 Menguraikan arti Tri Sarira1.2 Menyebutkan bagian-bagian Tri Sarira1.3 Mengenal fungsi Tri Sarira |
Sejarah Agama Hindu2. Mengenal sejarah perkembangan Hindu sebelum kemerdekaan | 2.1 Menyebutkan kerajaan-kerajaan Hindu di Indonesia sebelum kemerdekaan 2.2 Menyebutkan peninggalan-peninggalan kerajaan Hindu di Indonesia sebelum kemerdekaan 2.3 Mengunjungi peninggalan-peninggalan kerajaan Hindu setempat dan di wilayah lain |
Yadnya3. Mengenal Panca Yadnya | 3.1 Menguraikan arti Panca Yadnya3.2 Menyebutkan jenis-jenis Panca Yadnya3.3 Menerapkan Panca Yadnya dalam kehidupan sehari-hari |
Kelas V, Semester 2
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
Susila4. Mengenal ajaran Catur Guru | 4.1 Menguraikan arti Catur Guru 4.2 Menyebutkan bagian-bagian Catur Guru 4.3 Menunjukkan contoh-contoh sikap bhakti kepada Catur Guru |
Alam Semesta5. Mengenal Bhuana Agung dan Bhuana Alit | 5.1 Menyebutkan unsur-unsur Bhuana Agung dan Bhuana Alit5.2 Menyebutkan persamaan dan perbedaan Bhuana Agung dan Bhuana Alit 5.3 Menyebutkan peranan dan fungsi Panca Maha Bhuta dalam pembentukan Bhuana Agung dan Bhuana Alit |
Kelas VI, Semester 1
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
Sradha1. Meyakini kemahakuasaan Sang Hyang Widhi (Tuhan) sebagai Cadhu Sakti | Menguraikan arti Cadhu Sakti Menyebutkan bagian-bagian Cadhu Sakti Menunjukkan contoh-contoh kemahakuasaan Sang Hyang Widhi (Tuhan) sebagai Cadhu Sakti |
Sejarah Agama Hindu2. Mengungkapkan perkembangan agama Hindu setelah kemerdekaan Indonesia | 2.1 Menguraikan perkembangan agama Hindu setelah kemerdekaan Indonesia2.2 Menunjukkan hasil-hasil pembangunan yang bernuansakan agama Hindu setelah kemerdekaan Indonesia |
Kelas VI, Semester 2
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
Yadnya3. Mengenal pelaksanaan Yadnya | 3.1 Menguraikan arti Nitya dan Naimitika Karma 3.2 Menyebutkan contoh pelaksanaan Yadnya secara Nitya Karma dan Naimitika Karma 3.3 Menerapkan pelaksanaan Yadnya secara Nitya Karma dan Naimitika Karma |
Susila4. Mengenal Dasa Yama dan Dasa Nyama Bratha | 4.1 Menguraikan arti Dasa Yama dan Dasa Nyama Bratha4.2 Menyebutkan bagian-bagian Dasa Yama dan Dasa Nyama Bratha4.3 Menunjukkan contoh-contoh Dasa Yama dan Dasa Nyama Bratha |
E. Arah Pengembangan
Standar kompetensi dan kompetensi dasar menjadi arah dan landasan untuk mengembangkan materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaiankompetensi untuk penilaian. Dalam merancang kegiatan pembelajaran dan penilaian perlu memperhatikan Standar Proses dan Standar Penilaian.
SILABUS
SILABUS
Satuan Pendidikan : Sekolah Dasar ( SD)
Mata Pelajran : Pendidikan Agama Hindu
Kelas/Semester : I /I
Standar Kompetensi : 1. Meyakini Kemahakuasaan Sang Hyang Widhi Sebagai Maha Pencipta
KOMPETENSI DASAR | MATERI POKOK | KEGIATAN PEMBELAJARAN | INDIKATOR | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER/ BAHAN |
1.1 Menunjukkan contoh-contoh siptaan Sang Hyang Widhi. | · Sang Hyang Widhi maha pencipta | · Menyebutkan contoh-contoh ciptaan Sang Hyang Widhi · Mengamati lingkungan sekolah untuk meyakini Sang Hyang Widhi sebagai pencipta · Mencirikan benda hidup · Mencirikan benda tak hidup | · Menyebut contoh-contoh yang membuktikan Sang Hyang Widhi sebagai pencipta · Mengamati benda-benda di lingkungan sekolah · Menunjukkan jenis-jenis benda hidup · Mengumpulkan jenis-jenis benda tak hidup · Membedakan benda hidup dan tak hidup | · Karya wisata di lingkungan sekolah · Unjuk Kerja · Lisan · Performen/sikap | 3 Jam | · Buku Pendidikan Agama Hindu Kelas I · Gambar /alat praga · Lingkungan sekolah |
1.2 Menyayangi ciptaan Sang Hyang Widhi | · Kasih Sayang | · Menjaga Kebersihan Diri · Menyebut contoh perilaku rukun dala keluarga · Rajin memberi makan binatang peliharaan · Menyiram tanaman · Meminjamkan alat pelajran kepada teman · Meneladani sikap kasih sayang dalam ceritra | · Merawat diri sendiri · Hidup rukun dengan keluarga · Memelihara binatang peliharaan dengan baik · Merawat kebun · Membantu teman dalam kesusahan · Membaca ceritra yang berkaitan dengan kasih sayang · Menyebut sikap kasih sayang dalam ceritra | · Unjuk Kerja · Lisan · Tes tulis | 9 jam | · Buku Cerita |
Kelas/Semester : I /I
Standar Kompetensi : 2. Mengenal Tari-tari Keagamaan
KOMPETENSI DASAR | MATERI POKOK | KEGIATAN PEMBELAJARAN | INDIKATOR | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER/ BAHAN |
2.1 Menyebutkan Jenis-jenis tari keagamaan Hindu | · Tari Keagama an Hindu | · Siswa dibimbing untuk mengenal beberapa jenis tarian · Mengamati gambar | · Menyebutkan beberapa jenis tarian · Membedakan tari keagamaan dan tari bukan keagamaan · Menunjukkan cirri-ciri tari keagamaan | · Unjuk kerja · Lisan | 12 jam | · Buku Pendidikan Agama Hindu Kelas I · Gambar /alat praga · Foto- foto tarian |
2.2 Menunjukkan contoh-contoh tari keagamaan Hindu. |
| · Melakukan salah satu kegiatan gerak tari keagamaan Hindu · Mengamati gambar | · Mencontohkan salah satu gerak tari keagamaan Hindu · Menunjukkan tari keagamaan Hindu yang ditarikan oleh laki-laki · Menunjukkan tari keagamaan Hindu yang ditarikan oleh perempuan. | · Unjuk kerja · Lisan | 9 jam | · Buku Pendidikan Agama Hindu Kelas I · Gambar /alat praga · Foto- foto tarian |
Top 10 new and old Titanium Max trimmer slots
BalasHapusTioga Max trimmer slots. gold titanium When you 2020 ford edge titanium for sale play online slot game, you get the best welcome bonus when microtouch trimmer you play. titanium trim as seen on tv And at our ford escape titanium
why not try these out vibrators,dildos,horse dildo,vibrators,cheap sex toys,male masturbator,wholesale sex dolls,sex toys,wholesale sex toys go to my blog
BalasHapusrb688 nfl jerseys,jordans shoes,jordans for sale,cheap nfl jerseys,Cheap Jerseys from china,wholesale nfl jerseys,Cheap Jerseys china,wholesale nfl jerseys,cheap nfl jerseys zp369
BalasHapus