Sabtu, 10 Maret 2012

silabus agama Hindu


DAFTAR ISI
Daftar Isi ........................................................................................................................................................................................................................................                                                                                             1
MOTTO .........................................................................................................................................................................................................................................                                                                                                                                                                                          2

STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR  ......................................................................................................................................................                                                                                                                                  3
SILABUS KELAS  I   SEMESTER    1 ........................................................................................................................................................................................                                                                                                18
SILABUS KELAS  II    SEMESTER 1 .........................................................................................................................................................................................                                                                                               20
SILABUS KELAS  III  SEMESTER  1 ........................................................................................................................................................................................                                                                                                24
SILABUS KELAS  IV  SEMESTER  1 ........................................................................................................................................................................................                                                                                                28
SILABUS KELAS  V SEMESTER    1 ........................................................................................................................................................................................                                                                                                32
SILABUS KELAS  VI SEMESTER  1 .........................................................................................................................................................................................                                                                                               36
SILABUS KELAS  I   SEMESTER    2 ........................................................................................................................................................................................                                                                                                38
SILABUS KELAS  II    SEMESTER 2..........................................................................................................................................................................................                                                                                                                                                                                          41
SILABUS KELAS  III  SEMESTER  2 ........................................................................................................................................................................................                                                                                                44
SILABUS KELAS  IV  SEMESTER  2 ........................................................................................................................................................................................                                                                                                47
SILABUS KELAS  V SEMESTER    2 ........................................................................................................................................................................................                                                                                                50
SILABUS KELAS  VI SEMESTER  2 .........................................................................................................................................................................................                        53

M O T T O

Ø  “ Hasrat dan kemauan adalah tenaga yang terbesar di dunia ini, ia lebih berharga dari pada uang atau kekuasaan “ ( Willim Shakespeare ).

Ø  “ Kesulitan adalah batu asahan kehidupan, setiap puncak karier dicapai dengan jalan mengatasi kesulitan-kesulitan “. ( Davey John Schwartz ).
book_worm_book_reading_md_wht

STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR

Satuan Pendidikan                :  Sekolah Dasar (SD)
Mata Pelajaran                      :  Pendidikan Agama Hindu

A.    Latar Belakang
Agama memiliki peran yang amat penting dalam kehidupan umat manusia. Agama menjadi pemandu dalam upaya untuk mewujudkan suatu kehidupan yang bermakna, damai dan bermartabat. Menyadari bahwa peran agama amat penting bagi kehidupan umat manusia maka internalisasi agama dalam kehidupan setiap pribadi menjadi sebuah keniscayaan, yang ditempuh melalui pendidikan baik pendidikan di lingkungan keluarga, sekolah maupun masyarakat.
Pendidikan Agama dimaksudkan untuk membentuk peserta didik menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia serta peningkatan potensi spritual. Akhlak mulia mencakup etika, budi pekerti, dan moral sebagai perwujudan dari pendidikan Agama. Peningkatan potensi spritual mencakup pengenalan, pemahaman, dan penanaman nilai-nilai keagamaan, serta pengamalan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan individual ataupun kolektif kemasyarakatan. Peningkatan potensi spritual tersebut pada akhirnya bertujuan pada optimalisasi berbagai potensi yang dimiliki manusia yang aktualisasinya mencerminkan harkat dan martabatnya sebagai makhluk Tuhan.
Pendidikan Agama Hindu adalah usaha yang dilakukan secara terencana dan berkesinambungan dalam rangka mengembangkan kemampuan peserta didik untuk memperteguh keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, serta peningkatan potensi spiritual sesuai dengan ajaran agama Hindu.
Kurikulum Pendidikan Agama Hindu yang berbasis standar kompetensi dan kompetensi dasar mencerminkan kebutuhan keragaman kompetensi  secara nasional. Standar ini diharapkan dapat dipergunakan sebagai kerangka acuan dalam mengembangkan Kurikulum Pendidikan Agama Hindu sesuai dengan kebutuhan daerah atau pun sekolah.    

B.  Tujuan
Mata pelajaran Pendidikan  Agama Hindu bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.
1.      Menumbuhkembangkan dan meningkatkan kualitas Sradha dan Bhakti melalui pemberian, pemupukan, penghayatan dan pengamalan ajaran agama
2.      Membangun insan Hindu yang dapat mewujudkan nilai-nilai Moksartham Jagathita dalam kehidupannya

C.  Ruang Lingkup
Ruang lingkup pendidikan Agama hindu meliputi aspek-aspek:
1.      Sradha
2.      Susila
3.      Yadnya
4.      Kitab Suci
5.      Orang Suci
6.      Hari-hari suci
7.      Kepemimpinan
8.      Alam Semesta
9.      Budaya dan Sejarah Perkembangan Agama Hindu.




D. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
Kelas I, Semester 1

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

Sradha

 

1.       Meyakini kemahakuasaan Sang Hyang Widhi (Tuhan) sebagai Maha Pencipta
 1.1  Menunjukkan contoh-contoh ciptaan Sang Hyang Widhi (Tuhan)
 1.2  Menyayangi ciptaan Sang Hyang Widhi (Tuhan)

Budaya
2.  Mengenal Tari-Tari Keagamaan


2.1  Menyebutkan jenis-jenis tari keagamaan Hindu
2.2  Menunjukkan contoh-contoh tari  keagamaan Hindu

Yadnya

3.   Mengenal sikap-sikap sembahyang



3.1  Menyebutkan jenis-jenis sikap sembahyang
3.2  Mempraktekkan sikap Tri Sandhya



Kelas I, Semester 2

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar


Susila

 

4.   Mengenal ajaran Susila dalam kehidupan sehari-hari


 

4.1  Mengenal arti Tri Kaya Parisudha

4.2  Menyebutkan bagian-bagian Tri Kaya Parisudha
4.3  Menunjukkan contoh pelaksanaan Tri Kaya Parisudha dalam kehidupan sehari-hari  
4.4  Melatih diri melaksanakan Tri Kaya Parisudha dalam kehidupan

Orang Suci

5.   Mengenal orang suci agama Hindu

 

5.1  Menyebutkan arti dan makna orang suci

5.2  Menyebutkan contoh perilaku orang suci
5.3  Menunjukkan contoh-contoh orang suci








Kelas II, Semester 1

 

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

Sradha

 

1.   Meyakini manifestasi Sang Hyang Widhi (Tuhan) sebagai Tri Murti

 

1.1  Menyebutkan arti dan fungsi Tri Murti

1.2  Menyebutkan bagian-bagian Tri Murti
1.3  Menyebutkan sakti Tri Murti
1.4  Menunjukkan gambar dan atribut Tri Murti

Susila

2.   Mengidentifikasikan Tri Mala

 

 

2.1  Menyebutkan arti Tri Mala

2.2  Menyebutkan bagian-bagian Tri  Mala

2.3  Menunjukkan contoh-contoh perilaku Tri  Mala yang harus dihindari

 

Yadnya

3.   Mengenal pelaksanaan sembahyang



3.1     Menyebutkan urutan pelaksanaan Tri Sandhya
3.2     Menunjukkan contoh-contoh sikap Tri Sandhya
3.3     Melafalkan mantram Tri Sandhya
3.4     Melaksanakan Tri Sandhya




Kelas II. Semester 2

 

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

Tempat Suci

 

4.    Mengenal tempat suci


4.1  Menyebutkan arti tempat suci

4.2  Menunjukkan sebutan tempat suci bagi umat Hindu 

4.3  Menyebutkan syarat-syarat masuk tempat suci

4.4  Melakukan kunjungan ke tempat suci

 

Kitab Suci

5.   Mengenal Weda sebagai kitab suci



5.1   Menyebutkan arti Weda
5.2   Mengenal bahasa yang dipakai dalam Weda

5.3   Mengenal Weda sebagai wahyu Sang Hyang Widhi (Tuhan)

5.4   Menunjukkan contoh kitab suci

 



Kelas III, Semester 1

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

Sradha

 

1.   Meyakini manifestasi Sang Hyang Widhi (Tuhan) sebagai Tri Purusa

 

          Menguraikan arti Tri Purusa

1.2     Menyebutkan bagian-bagian Tri Purusa

Kepemimpinan

2.   Mengenal pemimpin yang baik dan patut diteladani di wilayah masing-masing



2.1      Menyebutkan arti pemimpin
2.2      Mengenal pemimpin-pemimpin di lingkungan terdekatnya
2.3      Menyebutkan ciri-ciri pemimpin yang baik
2.4      Meneladani sikap pemimpin yang baik

 

Yadnya

3.   Mengenal sarana sembahyang


 

3.1     Menyebutkan sarana-sarana persembahyangan

3.2     Menyebutkan arti dan fungsi sarana persembahyangan
3.3     Menunjukkan contoh-contoh sarana persembahyangan
3.4     Melatih diri membuat sarana persembahyangan




Hari Suci

4.   Mengenal hari-hari suci keagamaan


 

4.1     Menguraikan arti hari suci keagamaan Hindu

4.2     Menyebutkan nama-nama hari suci keagamaan Hindu

4.3     Melaksanakan hari-hari suci keagamaan dalam kehidupan

 


Kelas III, Semester 2

 

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

Susila

5.   Mengenal Catur Paramita dan Tri Parartha


 

5.1      Menguraikan arti Catur Paramita dan Tri Parartha

5.2      Menyebutkan bagian-bagian  Catur Paramita dan Tri Parartha

5.3      Menunjukkan contoh-contoh perilaku Catur Paramita dan Tri Parartha

5.4      Melatih diri melaksanakan Catur Paramita dan Tri Parartha dalam kehidupan

Tempat Suci

6.   Mengenal Tri Mandala


 

6.1      Menyebutkan arti Tri Mandala

6.2      Menyebutkan jenis-jenis bangunan pada tiap-tiap Mandala

6.3     Membedakan tempat suci dengan tempat tinggal

 

Orang Suci

7.    Mengenal tugas dan kewajiban orang suci



7.1     Menyebutkan tugas dan kewajiban orang suci
7.2     Menyebutkan larangan-larangan bagi orang suci






KelasIV, Semester 1

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

Sradha

1.   Mengenal ajaran Panca Sradha

 

 

1.1  Menyebutkan arti Panca Sradha 

1.2  Menyebutkan bagian-bagian Panca Sradha
1.3  Menjelaskan masing-masing bagian Panca Sradha

 

Alam Semesta

2.   Mengenal Bhuana Agung dan Bhuana Alit


 

2.1     Menguraikan arti Bhuana Agung dan Bhuana Alit

2.2     Menunjukkan contoh-contoh Bhuana Agung dan Bhuana Alit

 

Budaya

3.    Mengenal lagu-lagu kerohanian (Yadnya)



3.1   Menyebutkan arti lagu-lagu kerohanian (Yadnya)

3.2   Menyebutkan jenis-jenis lagu-lagu kerohanian (Yadnya)

3.3   Melafalkan jenis-jenis lagu-lagu kerohanian (Yadnya)





Kelas IV, Semester 2


Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

Hari Suci

4.   Mengenal dasar-dasar hari suci (wariga)

 

 

4.1      Menyebutkan arti hari suci (wariga)

4.2      Mengenal hari-hari/bulan baik
4.3      Mengenal hari raya suci keagamaan berdasarkan perhitungan hari-hari/bulan baik

Susila

5.   Mengenal Panca Yama dan Panca Nyama Bratha sebagai ajaran susila


 

5.1      Menguraikan arti Panca Yama dan Panca Nyama Bratha

5.2      Menyebutkan bagian-bagian dan contoh Panca Yama dan Panca Nyama Bratha

5.3      Menunjukkan contoh-contoh perilaku Panca Yama dan Panca Nyama Bratha
5.4.     Menerapkan ajaran Panca Yama dan Nyama Bratha dalam kehidupan sehari-hari











Kelas V, Semester 1

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

Sradha

1.     Mengenal Tri Sarira

 

 

1.1    Menguraikan arti Tri Sarira

1.2    Menyebutkan bagian-bagian Tri Sarira

1.3    Mengenal fungsi Tri Sarira

Sejarah Agama Hindu

2.   Mengenal sejarah perkembangan Hindu sebelum kemerdekaan



2.1  Menyebutkan kerajaan-kerajaan Hindu di Indonesia sebelum kemerdekaan
2.2  Menyebutkan peninggalan-peninggalan kerajaan Hindu di Indonesia sebelum kemerdekaan
2.3  Mengunjungi peninggalan-peninggalan kerajaan Hindu setempat dan di wilayah lain

Yadnya

3.     Mengenal Panca Yadnya


 

3.1   Menguraikan arti Panca Yadnya

3.2   Menyebutkan jenis-jenis Panca Yadnya

3.3   Menerapkan Panca Yadnya dalam kehidupan sehari-hari

 




Kelas V, Semester 2


Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

Susila

4.     Mengenal ajaran Catur Guru

 


4.1      Menguraikan arti Catur Guru
4.2      Menyebutkan bagian-bagian Catur Guru
4.3      Menunjukkan contoh-contoh sikap bhakti kepada Catur Guru

Alam Semesta

5.   Mengenal Bhuana Agung dan Bhuana Alit


 

5.1    Menyebutkan unsur-unsur Bhuana Agung dan Bhuana Alit 

5.2    Menyebutkan persamaan dan perbedaan Bhuana Agung dan Bhuana Alit
5.3    Menyebutkan peranan dan fungsi Panca Maha Bhuta dalam pembentukan Bhuana Agung dan Bhuana Alit



Kelas VI, Semester 1

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

Sradha

1.   Meyakini kemahakuasaan Sang Hyang Widhi (Tuhan) sebagai Cadhu Sakti


 

            Menguraikan arti Cadhu Sakti

            Menyebutkan bagian-bagian Cadhu Sakti
            Menunjukkan contoh-contoh kemahakuasaan Sang Hyang Widhi (Tuhan) sebagai Cadhu Sakti

Sejarah Agama Hindu

2.   Mengungkapkan perkembangan agama Hindu setelah kemerdekaan Indonesia


 

2.1  Menguraikan perkembangan agama Hindu setelah kemerdekaan Indonesia

2.2  Menunjukkan hasil-hasil pembangunan yang bernuansakan agama Hindu setelah kemerdekaan Indonesia

 










Kelas VI, Semester 2

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

Yadnya

3.   Mengenal pelaksanaan Yadnya


3.1     Menguraikan arti Nitya dan Naimitika Karma
3.2     Menyebutkan contoh pelaksanaan Yadnya secara Nitya Karma dan Naimitika Karma
3.3     Menerapkan pelaksanaan Yadnya secara Nitya Karma dan Naimitika Karma

Susila

4.   Mengenal Dasa Yama dan Dasa Nyama Bratha


 

4.1  Menguraikan arti Dasa Yama dan Dasa Nyama Bratha

4.2  Menyebutkan bagian-bagian Dasa Yama dan Dasa Nyama Bratha

4.3  Menunjukkan contoh-contoh Dasa Yama dan Dasa Nyama Bratha

 

 


E.   Arah Pengembangan
Standar kompetensi dan kompetensi dasar menjadi arah dan landasan untuk mengembangkan materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaiankompetensi untuk penilaian. Dalam merancang kegiatan pembelajaran dan penilaian perlu memperhatikan Standar Proses dan Standar Penilaian.
SILABUS

Satuan Pendidikan       : Sekolah Dasar ( SD)
Mata Pelajran               : Pendidikan Agama Hindu
Kelas/Semester                        : I /I
Standar Kompetensi     : 1. Meyakini Kemahakuasaan Sang Hyang Widhi Sebagai Maha Pencipta

KOMPETENSI DASAR
MATERI POKOK
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER/ BAHAN
1.1  Menunjukkan contoh-contoh siptaan Sang Hyang Widhi.









·         Sang Hyang Widhi maha pencipta






·         Menyebutkan contoh-contoh ciptaan Sang Hyang Widhi

·         Mengamati lingkungan sekolah untuk meyakini Sang Hyang Widhi sebagai pencipta
·         Mencirikan benda hidup

·         Mencirikan benda tak hidup


·   Menyebut contoh-contoh yang membuktikan Sang Hyang Widhi sebagai pencipta
·   Mengamati benda-benda di lingkungan sekolah

·   Menunjukkan jenis-jenis benda hidup
·   Mengumpulkan jenis-jenis benda tak hidup
·   Membedakan benda hidup dan tak hidup
·   Karya wisata di lingkungan sekolah
·   Unjuk Kerja
·   Lisan
·   Performen/sikap
3 Jam












·         Buku Pendidikan Agama Hindu Kelas I
·         Gambar /alat praga
·         Lingkungan sekolah
1.2   Menyayangi ciptaan Sang Hyang Widhi
·         Kasih Sayang
·         Menjaga Kebersihan Diri
·         Menyebut contoh perilaku rukun dala keluarga
·         Rajin memberi makan binatang peliharaan
·         Menyiram tanaman
·         Meminjamkan alat pelajran kepada teman
·         Meneladani sikap kasih sayang dalam ceritra

·   Merawat diri sendiri
·   Hidup rukun dengan keluarga
·   Memelihara binatang peliharaan dengan baik
·   Merawat kebun
·   Membantu teman dalam kesusahan
·   Membaca ceritra yang berkaitan dengan kasih sayang
·   Menyebut sikap kasih sayang dalam ceritra
·   Unjuk Kerja
·   Lisan
·   Tes tulis

9 jam

·         Buku Cerita
Kelas/Semester                        : I /I
Standar Kompetensi     : 2.  Mengenal Tari-tari Keagamaan

KOMPETENSI DASAR
MATERI POKOK
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER/ BAHAN
2.1    Menyebutkan Jenis-jenis tari keagamaan Hindu







·       Tari Keagama an Hindu







·         Siswa dibimbing untuk mengenal beberapa jenis tarian
·         Mengamati gambar




·         Menyebutkan beberapa jenis tarian
·         Membedakan tari keagamaan dan tari bukan keagamaan
·         Menunjukkan cirri-ciri tari keagamaan



·         Unjuk kerja
·         Lisan








12 jam









·   Buku Pendidikan Agama Hindu Kelas  I
·   Gambar /alat praga
·   Foto- foto tarian
2.2    Menunjukkan contoh-contoh tari keagamaan Hindu.

  • Contoh tari keagamaan Hindu
·         Melakukan salah satu kegiatan gerak tari keagamaan Hindu
·         Mengamati gambar

·         Mencontohkan salah satu gerak tari keagamaan Hindu
·         Menunjukkan tari keagamaan Hindu yang ditarikan oleh laki-laki
·         Menunjukkan tari keagamaan Hindu yang ditarikan oleh perempuan.


·         Unjuk kerja
·         Lisan




9 jam


·   Buku Pendidikan Agama Hindu Kelas I
·   Gambar /alat praga
·   Foto- foto tarian